MADIUN – Generasi saat ini merupakan asset di masa depan. Terutama mereka yang masih pelajar. Mereka harus disiapkan. Bukan hanya soal pendidikan akademik. Namun, juga wawasan terkait hukum. Harapannya, generasi muda memahami dan memiliki kesadaran tentang hukum.

’Bahwa ke depan, remaja-remaja ini merupakan calon pemimpin. Harus kita siapkan. Termasuk soal hukum agar mereka taat dan sadar akan itu,’’ kata Walikota Madiun Maidi saat membuka Penyuluhan Hukum Bagi Siswa/Siswi SMA/SMK Negeri dan Swasta se-Kota Madiun di Sun Hotel Madiun, Kamis (19/9).

Walikota berharap dengan memahami hukum paling tidak mereka dapat melindungi diri ke depan. Tidak terjerumus masalah dan berhati-hati dalam melangkah. Generasi sekarang diharap juga dapat menyelesaikan masalah-masalah terkait hukum. Walikota menyebut wawasan tentang hukum penting dan perlu ditanamkan sejak dini.

Walikota tunjuk bukti soal ujaran kebencian maupun pelanggaran UU ITE lain yang kerap terjadi belakangan ini. Hal itu penting dipahami. Sebab, remaja saat ini dekat dengan ITE karena tidak lepas dari internet dan media sosial. Remaja harus tahu batasan-batasannya agar tidak berujung masalah. Pidana terkait itu bisa merusak masa depan mereka.

Kegiatan kali ini diikuti ratusan pelajar yang terdiri dari ketua dan anggota OSIS. Walikota berharap wawasan yang didapat bisa ditularkan kepada teman yang lain. Ke depan, harapannya tidak ada masyarakat Kota Madiun yang tersandung masalah hukum. Upaya pemerintah dalam memberikan kesadaran hukum cukup berhasil selama ini. Terbukti dengan diraihnya juara satu lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) tingkat Provinsi Jawa Timur tahun ini

Dalam kegiatan tersebut, ada narasumber narasumber yang hadir diantaranya dari  Pengadilan Agama Kota Madiun, Pusat Pelayanan Terpadu Mitra Peduli Masyarakat Sejati, Kepolisian resort Kota Madiun dan Satpol PP Kota Madiun

By ppid